Friday, March 2, 2012

TORNADO MALAM LANGKA YANG TERJADI MINGGU INI DITENAGAI MUSIM DINGIN YANG HANGAT


Tornado benar-benar sedang musim di Amerika Serikat. Fenomena cuaca yang ditandai dengan kolom udara yang berputar ini  baru- baru ini menyerang Midwest dan Illinois. Tornado sendiri dipicu oleh udara labil sehingga terbentuk awan cumulunimbus sebagai penghasilnya. Baru-baru ini puting beliung (tornado dalam bahasa Indonesia) ikut muncul di Indonesia. Weleh-weleh, kayanya cuaca sekarang lagi banyak cuaca buruk ya? oke dey, sekarang kita menuju ke Tornado malam langka di Midwest.


Tornado malam langka di Midwest menewaskan 13 orang. Wabah yang tidak biasa tornado malam di pagi Midwest AS Rabu mungkin telah dipicu oleh musim dingin yang hangat, seorang ahli mengatakan.

Wabah tornado, yang dimulai segera setelah tengah malam di Kansas, menewaskan sedikitnya 13 orang di selatan Illinois, Missouri utara, dan barat Tennessee.

Tornado paling kuat mendarat di Harrisburg, Illinois, dengan kecepatan angin sekitar 180 mil (289 kilometer) per jam.

"Akan adil untuk mengatakan musim dingin yang luar biasa hangat itu mungkin merupakan faktor utama [dalam menyebabkan tornado]," kata Jeff Masters, direktur Cuaca situs meteorologi Underground.

"Anda mendapatkan tornado jauh lebih sedikit pada bulan Februari selama musim dingin."

Musim Dingin Hangat Dipicu Tornado Malam

Tornado yang terbentuk dari badai yang berputar digerakkan oleh tingkat atas angin dikenal sebagai jetstream.

Hanya sekitar 12 persen dari bentuk tornado antara tengah malam dan 6 pagi, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration.

Itu karena suhu mulai turun setelah matahari terbenam-hal ini akan mendinginkan udara dan menciptakan ketidakstabilan atmosfer yang menumbuhkan tornado. tapi tornado tidak segampang itu terbentuk, udara hangat dan lembab merupakan bahan bakar utama yang harus ada. setelah energi yang dikumpulkan cukup besar lalu tiba-tiba suhu turun drastis, awan- awan cumulunimbus yang besar akan muncul dan menyebabkan terjadinya tornado.

Musim dingin belahan bumi Utara saat ini telah terpanasi sejak 1890, dan merupakan terpanas keempat pada catatan-maka ada cukup udara hangat untuk bahan bakar tornado Rabu, kata ahli

Tornado Malam Langka tapi Mematikan

Meskipun tornado malam hari tidak terjadi sering, fenomena dapat mematikan karena menyerang saat kebanyakan orang tertidur.

Pecahnya tornado spektakuler April 1974, yang menewaskan lebih dari 300 orang di 13 negara bagian AS, termasuk kolom udara berputar yang terbentuk setelah gelap.

Terlebih lagi, ancaman belum berakhir untuk Midwest: Kombinasi dari kondisi di tempat sebelum wabah Rabu malam akan terjadi lagi hari Jumat, kata ahli.

Itu bisa mendorong peringatan tornado untuk Kentucky dan Tennessee, katanya.


Willie Drye
untuk National Geographic News
Diterbitkan 1 Maret 2012

No comments:

Post a Comment