Thursday, July 28, 2011

SINAR ULTRAVIOLET

 Radiasi ultraungu (sering disingkat UV, dari bahasa Inggris: ultraviolet) adalah radiasi elektromagnetis terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak, namun lebih panjang dari sinar-X yang kecil.

Radiasi UV dapat dibagi menjadi hampir UV (panjang gelombang: 380–200 nm) dan UV vakum (200–10 nm). Dalam pembicaraan mengenai pengaruh radiasi UV terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, jarak panjang gelombang sering dibagi lagi kepada UVA (380–315 nm), yang juga disebut "Gelombang Panjang" atau "blacklight"; UVB (315–280 nm), yang juga disebut "Gelombang Medium" (Medium Wave); dan UVC (280-10 nm), juga disebut "Gelombang Pendek" (Short Wave).


Istilah ultraviolet berarti "melebihi ungu" (dari bahasa Latin ultra, "melebihi"), sedangkan kata ungu merupakan warna panjang gelombang paling pendek dari cahaya dari sinar tampak. Beberapa hewan, termasuk burung, reptil, dan serangga seperti lebah dapat melihat hingga mencapai "hampir UV". Banyak buah-buahan, bunga dan benih terlihat lebih jelas di latar belakang dalam panjang gelombang UV dibandingkan dengan penglihatan warna manusia.

Index ultraviolet adalah prakiraan jumlah kerusakan kulit karena radiasi UV yang diperkirakan mencapai permukaan Bumi pada waktu Matahari tertinggi di langit. Dengan menyadari ultraviolet index dapat membantu mencegah kerusakan kulit dan mata dari radiasi UV yang membahayakan.

Jumlah radiasi UV yang mencapai permukaan adalah utamanya berhubungan dengan sudut Matahari, jumlah ozon di stratosfer, dan jumlah tutupan awan. Indeks UV berkisar dari 0 (malam hari) hingga 11 atau lebih (di tropis pada elevasi tinggi dalam keadaan langit cerah). Makin tinggi indeks UV, makin besar dosis radiasi UV yang merusak kulit (dan merusak mata). Konsekuensinya, makin tinggi indeks UV, makin pendek waktu yang diperlukan sebelum kerusakan kulit terjadi. Berapa banyak radiasi UV yang dapat merusak kulit seseorang, pada kenyataannya tergantung pada banyak faktor. Umumnya, semakin gelap kulit seseorang, waktu yang diperlukan untuk membuat kulit memerah semakin lama.


1 comment:

  1. Referensinya mana ya?,
    Yg ini kah :
    https://id.wikipedia.org/wiki/Ultraungu?wprov=sfla1

    ReplyDelete

Dapatkan Info Langsung ke Email Anda