Friday, March 2, 2012

GEO SCIENTIST SUDAH MENGGUNAKAN MODEL NUMERIK UNTUK PRAKIRAAN YANG LEBIH BAIK GAYA-GAYA YANG BEKERJA DI BALIK GEMPA


Sistem prediksi gempa alias peramalan gempa bumi udah sejauh mana ya sekarang ini.? Permodelan dan teknik-teknik prediksi cuaca sudah banyak ditemui, namun bagaimana dengan forecast / prakiraan gempa? Kita hanya tahu kalau gempa datang begitu saja dan warningnya hanya beberapa menit setelah itu, itupun untuk peringatan tsunami. Tapi bukan berarti para ahli tidak mencari cara untuk prediksi gempa lho! hal ini dibuktikan dengan dibuatnya permodelan untuk menggambarkan gaya-gaya yang bekerja pada lempeng bumi sehingga model ini dapat menjadi dasar perdiksi gempa di masa yang akan datang.

Berita sciencedaily.com ini mungkin bisa menjadi wawasan teman-teman dalam prediksi gempa menggunakan metode numerik. apa itu metode numerik, kita pelajari nanti ya....

ScienceDaily (17 Februari 2012) - Peneliti dari Stony Brook University telah menyusun suatu model numerik untuk membantu menjelaskan hubungan antara gempa bumi dan gaya-gaya kuat yang menyebabkannya, menurut sebuah sumber makalah penelitian dijadwalkan akan diterbitkan dalam jurnal Science pada 17 Februari . Temuan mereka memiliki implikasi jangka panjang peramalan gempa bumi.

Researchers used their model to help explain the stresses that act on Earth's tectonic plates. Those stresses result in earthquakes not only at the boundaries between tectonic plates, where most earthquakes occur, but also in the plate interiors, where the forces are less understood. (Credit: © Anton Balazh / Fotolia)
William E. Holt, Ph.D., seorang profesor di Departemen Geosciences di Stony Brook University, dan Attreyee Ghosh, Ph.D., rekan pasca doktoral, menggunakan model mereka untuk membantu menjelaskan tekanan yang bekerja pada lempeng tektonik bumi. 'Tekanan yang mengakibatkan gempa bumi tidak hanya pada batas-batas antara lempeng tektonik, dimana gempa paling banyak terjadi, tetapi juga di interior piring, di mana gaya-gaya kurang dipahami', menurut tulisan mereka, "Lempeng Gerakan dan Tegangan dari Model Dinamis Global."

"Jika kita memperhitungkan efek topografi dan semua variasi kepadatan dalam piring (kerak bumi memiliki variasi dalam ketebalan tergantung di mana kita berada) jika kita mengambil semua yang diperhitungkan, bersama dengan sistem konveksi mantel,kita dapat melakukan pekerjaan yang baik menjelaskan apa yang terjadi di permukaan, "kata Dr Holt.

Penelitian mereka difokuskan pada sistem pelat yang mengapung pada cairan seperti mantel bumi, yang bertindak sebagai sistem konveksi pada skala waktu geologi, membawa mereka dan benua yang lain pada mereka. Lempeng ini bertemu dan menggiling satu lewat lain, menyimpang dari satu sama lain, atau bertabrakan atau tenggelam di sepanjang zona batas lempeng dunia. Tabrakan antara benua telah menghasilkan pegunungan spektakuler dan gempa bumi kuat. Namun tekanan yang konstan untuk pelat dikenakan juga menghasilkan gempa bumi dalam interior dari lempeng-lempeng itu.

"Memprediksi gerakan lempeng dengan benar, bersama dengan tekanan di dalam lempeng, telah menjadi tantangan untuk model dinamis global," tulis para peneliti. "Prediksi akurat ini sangat penting untuk memahami kekuatan yang bertanggung jawab untuk pergerakan lempeng, gunung, rifting benua, dan akumulasi regangan yang dirilis pada gempa bumi."

Data untuk model komputer global mereka berasal dari pengukuran Global Positioning System (GPS), yang melacak pergerakan kerak Bumi di dalam zona batas deformasi lempeng; pengukuran pada orientasi medan tegangan bumi yang diperoleh dari kesalahan gempa, dan jaringan seismometer global yang memberikan gambaran variasi interior kepadatan bumi. Mereka membandingkan output dari model mereka dengan pengukuran dari permukaan bumi.

"Observasi ini - koreksi GPS,- memungkinkan seseorang untuk menguji kelengkapan dari model," kata Dr Holt.

Drs. Ghosh dan Holt menemukan bahwa tektonik lempeng adalah sistem terpadu, didorong oleh variasi kepadatan ditemukan antara permukaan bumi sampai ke inti-mantel batas bumi. Hal yang mengejutkan adalah menemukan variasi dalam pengaruh antara fitur yang relatif dangkal (topografi dan variasi ketebalan kerak) dan lebih dalam pola mantel skala besar aliran yang membantu dan, di beberapa tempat, menahan gerakan lempeng. Ghosh dan Holt juga menemukan bahwa itu adalah skala besar pola aliran mantel, dibentuk oleh sejarah panjang pelat tenggelam, yang penting untuk mempengaruhi tekanan dalam, dan gerakan, pelat.

Topografi juga memiliki pengaruh besar pada sistem lempeng tektonik, para peneliti menemukan. Hasil itu menunjukkan umpan balik yang kuat antara kekuatan-kekuatan yang membuat topografi dan 'push-back' pada sistem diberikan oleh topografi, mereka menjelaskan.

Sementara model mereka tidak dapat memprediksi secara akurat kapan dan di mana gempa bumi akan terjadi dalam jangka pendek, "dapat membantu pada pemahaman yang lebih baik atau peramalan gempa bumi selama rentang waktu lebih lama," kata Dr Holt. "Tak seorang pun belum bisa memprediksi, tetapi pada akhirnya diberikan pemahaman yang lebih baik dari kekuatan-kekuatan dalam sistem, orang dapat mengembangkan model-model prediksi yang lebih baik."

No comments:

Post a Comment