Monday, July 15, 2013

AYO MANFAATKAN INFORMASI BANJIR DARI BMKG

bencana banjir adalah bencana yang rutin datang pada musim hujan terutama di daerah kota-kota besar yang wilayah resapan airnya kurang dan drainasenya buruk. Salah satu kota yang rutin digenangi banjir setiap tahunnya adalah kota Jakarta. Nah, kalian tahu ngga sih kalau BMKG menyediakan informasi tentang potensi banjir di Jakarta? Jangan2 kebanyakan belum tahu nih... oke, yang mau tahu tentang informasi potensi banjir di jakarta dari BMKG lanjut baca artikel "Ayo manfaatkan Informasi Banjir dari BMKG" ini ya...


Masih ingat bencana banjir yang menggenangi istana presiden Januari 2013 lalu ngga? Sebagian besar kegiatan masyarakat Jakarta lumpuh akibat bencana banjir tersebut. Bahkan banjir yang menggenangi bundarah HI itu memakan korban jiwa. Bencana banjir tersebut cukup membuat stress sehingga akhirnya gubernur Jakarta Joko Widodo mengambil langkah preventif dengan menyebar garam pada awan-awan yang tumbuh agar hujan turun sebelum mencapai jakarta (alias hujan buatan yang bahasa gaulnya cloud seeding)

Sebenarnya banjir itu apa sih???

Banjir adalah genangan yang terjadi akibat air yang berlebihan di daratan. Faktor-faktor pendukung banjir ini bisa macam-macam, contohnya : Curah hujan yang tinggi, drainase yang buruk, atau kurangnya resapan. Nah, pada dasarnya kita tidak bisa mengatur curah hujan yang datang sehingga banjir biasanya dicegah dengan mengatur drainase dan resapan. Selain itu kita dapat berhati-hati terhadap potensi bencana banjir di jakarta dengan rajin membuka informasi potensi banjir dari BMKG.

Bagaimana caranya mendapatkan informasi potensi banjir Jakarta dari BMKG? check it out!

Pertama-tama kita harus masuk ke situs BMKG terlebih dahulu : www.bmkg.go.id
selanjutnya sorot bagian "METEOROLOGI" dan klik "Potensi Banjir Harian Jakarta" seperti pada gambar di bawah ini :

Setelah itu akan muncul peta potensi banjir Jakarta seperti di bawah ini. Warna coklat menunjukkan potensi bencana banjir aman, hijau menunjukkan banjir yang rendah, kuning sedang dan merah tinggi.

kalau begini kita bisa mengantisipasi bencana banjir sebelum terjadi.

No comments:

Post a Comment

Dapatkan Info Langsung ke Email Anda