Tuesday, October 30, 2012

CITRA SATELIT VISIBLE (SINAR TAMPAK)

Citra satelit visible merupakan citra satelit yang dapat digunakan untuk mendeteksi ketebalan atau kecerahan suatu objek di atmosfer. Di dalam dunia meteorologi dan klimatologi biasanya digunakan untuk mendeteksi ketebalan awan. Dengan melihat citra satelit visible, pengamat dapat menentukan mana awan yang tebal dan mana awan yang tipis.


Citra satelit visible menggambarkan banyaknya radiasi matahari yang dipantulkan oleh suatu permukaan yang sangat erat kaitannya dengan albedo (persentase jumlah cahaya yang dipantulkan objek dibandingkan dengan jumlah cahaya yang diterima) suatu permukaan. Semakin banyak cahaya yang dipantulkan, maka semakin putih warna pencitraannya. semakin sedikit cahaya yang dipantulkan, semakin gelap juga hasil pencitraannya. Citra satelit visible serupa dengan seolah-olah kita mengambil potret hitam-putih dari bumi. Bagian yang terang menunjukkan dimana sinar matahari dipantulkan  kembali ke angkasa akibat awan dan liputan salju. 

Karakteristik Citra Visible

- Permukaan yang banyak memantulkan radiasi matahari akan digambarkan dengan warna yang cerah (putih), sedangkan permukaan yang banyak menyerap radiasi matahari digambarkan dengan warna yang gelap sampai keabu-abuan.
- Awan yang tebal dan besar pada citra ini digambarkan dengan warna yang cerah (keputih-putihan), karena mempunyai albedo yang besar. Di lain pihak, awan yang tipis nampak agak gelap sampai keabu-abuan.
- Lautan akan berwarna gelap pada citra ini, karena sebagian besar radiasi matahari yang datang akan diserap.
- Daratan akan mempunyai gradasi warna dari gelap hingga gelap keabu2an tergantung pada besarnya albedo pada permukaan tersebut.

Kekurangan dari citra ini adalah, citra satelit visible hanya mengandalkan pemantulan sinar matahari oleh objek, jadi hanya bisa digunakan pada siang hari. 

Dalam citra satelit visible, kita tidak bisa lepas dari albedo. di bawah ini adalah pendekatan nilai albedo untuk beberapa benda :



Dengan mengetahui besarnya albedo dari benda-benda tersebut, kita bisa mendeteksi jenis benda tersebut dengan melihat citra satelit visible

Sumber :
slide mata kuliah interpretasi citra satelit dan radar cuaca pertemuan 2 dan 3 oleh bapak Edi Mulsandi

1 comment:

Dapatkan Info Langsung ke Email Anda