Monday, September 17, 2012

PENGERTIAN PENGINDRAAN JARAK JAUH


Remote sensing atau pengindraan jarak jauh merupakan teknik atau ilmu yang digunakan untuk memperoleh pencitraan tentang keadaan suatu wilayah dari jarak yang jauh. prinsip kerjanya sendiri sama seperti prinsip mata dalam melihat suatu objek. Dari gelombang yang dipancarkan suatu benda, alat yang digunakan untuk melakukan pengindraan jarak jauh bisa mendeteksi jenis benda apa tersebut dan bagaimana pola tutupannya. Dalam berbagai bidang, pengindraan jarak jauh sering digunakan.

Dalam belajar tentang cuaca atau ilmu meteorologi, kita sangat membutuhkan data keseluruhan dalam satu waktu. Sangat sulit memperoleh data di lautan, pegunungan, dan hutan belantara mengingat keterbatasan dana dan sumber daya manusia. akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi, ada berbagai cara yang saat ini dapat digunakan untuk mengetahui keadaan atmosfer di wilayah-wilayah yang sulit terjangkau tersebut.
Salah satu yang sangat mendukung pekerjaan ini adalah Remote Sensing alias pengindraan jarak jauh. Penginderaan jauh merupakan salah satu metode pemerolehan data yang banyak berkembang. dalam bahasa Inggris terjemahannya adalah Remote Sensing, sedangkan di Perancis lebih dikenal dengan istilah Teledetection, dan di Jerman disebut dengan Fernerkundung.

Ada beberapa definisi tentang pengindraan jarak jauh tersebut. beberapa definisi pengindraan jarak jauh yang dicetuskan oleh para ahli antara lain seperti berikut ini :

1. Lilesand and Keifer
Ilmu, teknik dan seni untuk mendapatkan informasi tentang obyek, wilayah atau gejala dengan cara menganalisis data yang diperoleh dari suatu alat tanpa berhubungan langsung dengan obyek, wilayah atau gejala yang sedang dikaji.
2. Lindgren
Teknik yang dikembangkan untuk memperoleh dan menganalisis informasi tentang bumi. Informasi tersebut berbentuk radiasi elektromagnetik yang dipantulkan dari permukaan bumi.
3.    Menurut Sabins
Penginderaan jauh adalah suatu ilmu untuk memperoleh, mengolah dan menginterpretasi citra yang telah direkam yang berasal dari interaksi antara gelombang elektromagnetik dengan suatu obyek.
4. Menurut Colwell (1984)
Penginderaaan Jauh yaitu suatu pengukuran atau perolehan data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari objek yang diindera.
5. Menurut Curran (1985)
Penginderaan Jauh yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.
6. Menurut American Society of Photogrammetry (1983)
Penginderaan jauh merupakan pengukuran atau perolehan informasi dari beberapa sifat objek atau fenomena, dengan menggunakan alat perekam yang secara fisik tidak terjadi kontak langsung dengan objek atau fenomena yang dikaji.
7. Menurut Avery (1985)
Penginderaan jauh merupakan upaya untuk memperoleh, menunjukkan (mengidentifikasi) dan menganalisis objek dengan sensor pada posisi pengamatan daerah kajian.
Jadi pengindraan jarak jauh adalah suatu ilmu / teknik untuk memperoleh, mengolah, dan menginterpetasi informasi dari suatu keadaan wilayah tertentu menggunakan alat perekam secara fisik, tanpa kontak terhadap objek pengamatan dan dari jarak yang jauh.

Prinsip pengindraan jarak jauh persis seperti prinsip bagaimana mata melihat suatu benda. Ketika benda menerima energi dengan panjang gelombang tertentu, benda akan menyerap energi tersebut kemudian memancarkan lagi gelombang dari dirinya. gelombang yang dipancarkan ini ditangkap oleh perekam kemudian disimpan dan pada akhirnya user bisa mengolah data tersebut untuk menjadi informasi.

No comments:

Post a Comment

Dapatkan Info Langsung ke Email Anda