Sunday, October 7, 2012

MENGENAL MONSOON (MUSON)

Sebagian besar populasi dunia berada di wilayah monsoon. Monsoon merupakan sirkulasi tahunan yang paling penting di wilayah tropis dan sangat mempengaruhi musim tropis dan sekitarnya. Monsoon sangat mempengaruhi pola cuaca di wilayah tropis dan umumnya berkaitan dengan musim hujan dan kemarau. Nah, Indonesia yang merupakan wilayah yang dipengaruhi oleh monsoon. akan sangat baik jika kita mempelajari monsoon untuk mengetahui pola cuaca di Indonesia. 

Kata monsoon berasal dari bahasa Arab 'mausim' yang berarti 'musim/season'. Istilah ini pertama kali digunakan untuk menyebutkan perubahan musiman angin permukaan umum di atas asia selatan dan samudera Hindia. Di Indonesia sendiri perubahan arah angin ini berdampak pada banyaknya curah hujan yang terjadi. Tapi pada kenyataannya tidaklah sesederhana itu. Pada dasarnya monsoon merupakan sistem yang sangat komplex. Intensitas monsoon, periodenya, periode istirahat, lamanya, hal-hal tersebut merupakan masalah forecast yang menantang.


Kriteria wilayah monsoon dijelaskan oleh Ramage (1971) yaitu :
- Perubahan arah angin umum/utama adalah 120° antara Januari dan Juli
- Frekuensi rata-raa angin utama  > 40%
- Kecepatan rata-rata angin melebihi  3 m/s
- Pola isobar benar-benar tetap/renggang
Untuk wilayah monsoon beserta anginnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Monsoon yang mempengaruhi Indonesia disebut monsoon Asia-Australia. Terjadi perubahan tahunan dari arah angin yang menimbulkan perubahan dua musim, yakni musim penghujan (basah) dan musim kemarau (kering). Banyak yang mengira seluruh wilayah Indonesia merupakan wilayah dua musim, tapi hal ini tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya sebagian wilayah Indonesia memiliki dua musim dan sebagian lagi tidak. Wilayah yang tidak memiliki musim dapat saja kering sepanjang tahun atau basah sepanjang tahun. Ini menjadi tantangan tersendiri untuk para forecaster cuaca.

Untuk monsoon di wilayah Indonesia dapat lebih dilihat jelas pada gambar di bawah ini :


1 comment:

  1. Nice..blog..klo bisa di tulis juga refensi bukunya di akhir tulisan

    ReplyDelete

Dapatkan Info Langsung ke Email Anda