Sunday, April 15, 2012

CABANG KEILMUAN TENTANG ATMOSFER (SAINS ATMOSFER)

Kita harus memahami terlebih dahulu Cabang keilmuan tentang atmosfer. Sains atmosfer adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang atmosfer atau lapisan udara yang menyelimuti bumi.

Cabang-cabang sains atmosfer antara lain :
1. Meteorologi
   a. Meteorologi fisis
      i. Fisika awan
   b. Meteorologi synoptik
   c. Meteorologi Dinamis


2. Klimatologi
   a. Klimatologi fisis
   b. Klimatologi synoptik
   c. Klimatologi dinamis
klik gambar untuk memperbesar

Meteorologi fisis
Kajian tentang struktur dan komposisi atmosfer, alih gel. EM dan gel suara melalui atmosfer, proses pembentukan awan dan hujan, elektrisitas atmosfer, dan masalah lain tentang sifat fisis dan kimiawi atmosfer.
Meteorologi Sinoptik
Kajian tentang deskripsi, analisis dan peramalan gerak atmosfer atau cuaca yg pengamatannya dilakukan secara serempak dan pada waktu yg sama.
Meteorologi Dinamis
Kajian tentang gerak atmosfer dengan menggunakan pendekatan analitik berdasarkan pada prinsip2 dinamika fluida.

FISIKA AWAN
Merupakan turunan dari cabang disiplin ilmu meteorologi fisis yang mengkaji tentang proses-proses fisis dan dinamika pembentukan awan dan hujan. Ada dua cabang dari fisika awan, yaitu makrofisika awan dan hujan serta mikrofisika awan dan hujan.

Makrofisika awan dan hujan
Mengkaji tentang pembentukan awan yang disebabkan oleh proses gerak atmosfer dalam skala besar dan pembentukan awan karena orografik, front, konvektif, konvergensi
Mikrofisika awan dan hujan
Mengkaji tentang proses fisis pembentukan partikel awan dan interaksi yang terjadi di dalamnya dalam proses pertumbuhan presipitasi dan proses pembentukan tetes hujan dan kristal es

No comments:

Post a Comment

Dapatkan Info Langsung ke Email Anda