Thursday, July 12, 2012

MAKALAH INTERAKSI LAUT DAN ATMOSFER (INTERAKSI EL NINO DAN ATMOSFER)

Interaksi antara laut dan atmosfer adalah sangat berkaitan. Dapat kita lihat dari siklus hidrologi yang merupakan sirkulasi air di planet bumi ini. Energi matahari yang merupakan penggerak utama dari siklus ini memanaskan samudra sehingga air laut menguap. Sembilan puluh persen penguapan terjadi di laut, sepuluh persen sisanya barulah penguapan yang terjadi di perairan lainnya dan dari evapotranspirasi. Dari penguapan tersebut uap air menuju atmosfer kemudian didinginkan dan membentuk awan di atmosfer. Dari awan yang sudah matang akan muncul presipitasi dan kemudian jatuh ke tanah. Air yang mengalir di permukaan akan kembali menuju laut baik melalui sungai ataupun meresap dan tersimpan di daratan.

Dari siklus tersebut dapat kita lihat bahwa pengaruh laut sangat besar terhadap kejadian cuaca terutama dalam hal pembentukan presipitasi. Presipitasi hampir tidak mungkin terjadi tanpa penguapan dari lautan akibat sinar matahari (90% penguapan berasal dari lautan). Keadaan laut yang dapat mempengaruhi cuaca salah satunya suhu muka laut. Pengaruh suhu muka laut dapat kita lihat dari salah satu fenomena laut yang dapat mempengaruhi keadaan atmosfer terutama di daerah tropis, yaitu El Nino dan La Nina

a. Pengertian El Nino dan La Nina

Nama El Niño diambil dari bahasa Spanyol yang berarti “anak laki-laki”, merujuk pada bayi Yesus Kristus dan digunakan karena arus ini biasanya muncul selama musim Natal; sedangkan La Niña berarti "gadis kecil". Karena fluktuasi dari tekanan udara dan pola angin di Selatan Pasifik yang menyertai El Niño, fenomena ini dikenal dengan nama El Niño–Southern Oscillation (ENSO). Gejala El Niño tidak selalu diikuti dengan Southern Oscillation, dan tanpa kombinasi keduanya efek global tidak terjadi.

Selain memberikan kerugian, el nino juga memberikan keunPasifik bergerak ketimur. Namun, ikan yang berada di Samudera Hindia bergerak masuk ke selatan Indonesia. Hal itu karena perairan di timur samudera ini mendingin, sedangkan yang berada di barat Sumatera dan selatan Jawa menghangat. Hal ini membuat indonesia mendapat banyak ikan tuna dan ikan tuna pada daerah Indonesia bagian timur memiliki ukuran yang sangat besar jika dibandingkan dengan di daerah lain.

Lebih jauh mengenai Interaksi Laut dan atmosfer pada saat kejadian El Nino dan La Nina dapat mendownload dokumen makalah Interaksi Laut dan atmosfer pada saat kejadian El Nino dan La Nina

No comments:

Post a Comment