Thursday, August 4, 2011

AIR CONDITIONER RAMAH LINGKUNGAN

foto dr Tim Wimborne, Reuters
Pendingin Dari Matahari?

Cerita ini merupakan bagian dari seri khusus yang membahas masalah energi. Untuk lebih lanjut, kunjungi Great Energy Challenge.

Selama bertahun-tahun, dunia energi telah berpikir bagaimana caranya memanfaatkan matahari untuk mendinginkan ruangan.

Itu mungkin terdengar berlawanan dengan mereka yang berpikir tentang panas tidak nyaman terik pada atap dan jendela ketika matahari musim panas mencapai puncaknya. Tapi untuk mereka yang merenungkan energi yang luar biasa matahari, ada simetri yang sempurna dalam gagasan pendinginan surya. Kekuatan matahari dapat digunakan hanya ketika itu paling dibutuhkan.


Pendingin surya adalah salah satu dari kumpulan ide untuk AC ramah lingkungan dengan membuatnya  lebih baik menggunakan kekuatan alam. AC telah mengubah hidup musim panas di negara maju, tetapi dengan biaya energi yang luar biasa. Diciptakan pada tahun 1902 oleh Pengangkut Willis Haviland, pada awalnya udara yang melewati AC didinginkan karena ia melewati kumparan pendingin yang didinginkan. AC konvensional menenggak dari grid listrik untuk menekan gas pendingin dan kembali ke keadaan cair di setiap siklus pendinginan.

tegangan pada sistem listrik mencapai massa kritis karena permintaan musim panas untuk AC. Pemanasan rumah di musim dingin juga membutuhkan banyak energi, tetapi ada banyak pilihan-alami yaitu pemanasan gas, minyak, kayu. Pendinginan konvensional bergantung pada listrik, sebagai akibatnya, permintaan listrik pada puncak musim panas di Amerika Serikat, di mana lebih dari 80 persen rumah tangga memiliki AC, lebih dari 20 persen lebih tinggi daripada titik musim dingin tinggi. ( Pendingin menyumbang 8 persen dari penggunaan energi rumah tangga AS) Perusahaan listrik harus memiliki "peaker" tanaman di tangan untuk sore hari musim panas terpanas: biasanya lama, tidak efisien bahan bakar fosil fasilitas. Para panas itu, semakin panas yang mereka jalankan. Bicara tentang berlawanan.

Meskipun AC tradisional belum luas di Eropa, permintaan untuk pendinginan di Uni Eropa tumbuh, terutama di tengah gelombang panas 2003 yang menghancurkan disalahkan untuk 35.000 sampai 52.000 kematian. Jadi Eropa telah melakukan beberapa penelitian yang paling rinci tentang potensi dari pendinginan surya.

Beberapa perusahaan baru-baru ini diperkenalkan AC dikemas dengan panel surya fotovoltaik, seperti yang sedang diinstal di Sydney, Australia pada atap rumah seperti gambar di atas.

LG Electronics' solar-hybrid cooling system and Lennox SunSource solar-assisted heating and cooling adalah dua contoh. Tapi PV yang dihubungkan dengan AC tradisional bukanlah solusi lengkap. Perumahan AC sentral menarik 2.000 sampai 5.000 watt. Panel surya sistem LG dapat menghasilkan hanya 70 watt itu, berarti memotong kebutuhan listrik hanya sedikit.

Lennox mengatakan bahwa sistem, yang meliputi panel 190 watt, dapat memangkas pemanasan dan pendinginan tagihan hingga setengahnya. Itu membuat penggunaan model tertinggi efisiensi, fakta bahwa sejumlah panel surya dapat ditambahkan ke sistem, dan bahwa pelanggan mendapatkan data real-time tentang penggunaan energi mereka sebagai bagian dari paket.

Namun para peneliti berpikir ada kemajuan yang lebih besar ke depan untuk pendinginan dengan energi yang lebih sedikit.

-Marianne Lavelle, dengan Alexandra Arkin dan Lauren Biron dari Medill News service

No comments:

Post a Comment